Prodi PGMI
PEMBELAJARAN TAJWID MENGGUNAKAN NADHOM KITAB HIDAYATUS SHIBYAN DI TPQ AL-HUDA KALIBEBER WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan pembelajaran tajwid menggunakan nadhom kitab Hidayatus Syibyan pada santri TPQ Al-Huda Kalibeber; 2) mengetahui kualitas bacaan al-Qur‟an pada santri TPQ Al-Huda Kalibeber; 3) mengetahui factor pendukung dan penghambat dari pembelajaran tajwid menggunakan nadhom kitab Hidayatus Syibyan pada santri TPQ Al-Huda.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian mengenai riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data yang merupakan cara peneliti dalam mengumpulkan data-data yang relevan diperoleh dari hasil wawancara, angket, observasi, dan catatan di lapangan. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga dapat difahami dengan mudah, dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dengan menggunakan kitab hidayatus syibyan dalam pembelajaran tajwid, menjadi salah satu pelajaran favorit bagi santri-santrinya. Pembelajaran yang sering dilaksanakan dengan lalaran nadhom ini menjadikan para santri semangat untuk mengikuti pembelajaran. Pembelajaran dengan kegiatan melantunkan syiiran menjadi salah satu ketertarikan tersendiri kepada para santri, hal ini sangat menunjang para santri dalam pemahaman tajwid. 2) Penggunaan Kitab Hidayatus Shibyan dalam pembelajaran tajwid di TPQ Al-Huda Kalibeber menghasilkan dampak positif dan efesien dalam meningkatkan kualitas membaca al-Qur‟an. Pembelajaran tajwid menjadi mudah dipahami dan mudah dihafalkan karena dalam bentuk syair. Santri lebih faham hukum-hukum ilmu tajwid yang telah dijelaskan disetiap baitnya. Jika hal tersebut terpenuhi, maka dalam praktek membaca al- Qur‟an akan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. 3) Faktor pendukung dalam pembelajaran ini adalah motivasi dan peran guru, kegiatan takrir kitab sebelum pembelajaran, fasilitas yang memadai dan sumber pembelajaran yang sudah tersedia. Sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi waktu yang singkat, tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda, kedisiplinan anak yang tidak stabil.
Kata Kunci: Pembelajaran Tajwid, Nadhom, Kitab Hidayatus Syibyan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Umi Fadillah - Personal Name
|
Student ID |
2019030055
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |