Prodi Pendidikan Agama Islam
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 29 PURWOREJO
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana peran ideal guruPendidikan Agama Islam SMP Negeri 29 Purworejo? 2) Bagaimana polapembinaan yang dilakukan guru PAI dalam membina akhlak siswa kelas IX A SMPNegeri 29 Purworejo? 3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalammembina akhlak siswa kelas IX A SMP Negeri 29 Purworejo?Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dimanajenis penelitiannya bersifat penelitian lapangan (field research) dimanapengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi danlain sebagainya yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas. Subjekpenelitian adalah siswa kelas IXSMP Negeri 29 Purworejo. Sumber datamenggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan denganreduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berbentuk analisis interaksiuntuk ditarik sebuah kesimpulan sehingga data dapat dengan mudah dikumpulkandan dipahami.Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembinaan akhlak di SMP Negeri 29Purworejo dilakukan melalui empat peranan ideal sebagai guru PAI, yaitu: a) gurusebagai pengajar; b)guru sebagai pendidik; c) guru sebagai pembimbing; dan d)guru sebagai pelatih atau pembina. 2) Pola pembinaan pada proses pembinaanakhlak yang paling utama adalah melalui pembiasaan perilaku akhlak yang baikmeliputi akhlak pada diri sendiri, akhlak pada keluarga, dll yang dapat dimulaidengan cara memberikan perhatian khusus dan memberikan contoh perilakukeseharian yang baik pada siswa. Kemudian penanaman nilai-nilai akhlak yangbaik dari lingkungan sekitar juga merupakan faktor utama terbentuknya akhlaktersebut disertai dengan pengawasan dari guru maupun dari orang tua dan orangorangterdekat dapat menjadi faktor penting serta pendukung dalam prosespembinaan akhlak siswa tersebut. Dari situlah akan tercipta pola pembinaan akhlakyang baik pada siswa. 3) Dalam membina akhlak tentu di dalamnya terdapat faktorpendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Adapun faktor-faktorpendukung guru PAI dalam membina akhlak siswa diantaranya: a) keteladananguru, b) orang tua siswa, c) penghargaan (reward), d) fasilitas dan sarana prasaranasekolah, e) kerjasama antar staf sekolah. Kemudian adapun faktor-faktorpenghambat dalam membina akhlak siswa antara lain: a) latar belakang siswa, b)teman.
Kata Kunci:Peran guru, Pendidikan agama Islam, Membina akhlak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Hadziq Taufiqurrohman As-Syauqi - Personal Name
|
Student ID |
2019010220
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |