Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN METODE TILAWATI DI TPQ AL ITTIHAD MUNGGANG BAWAH MOJOTENGAH WONOSOBO UNTUK MENINGKATKAN BACA AL-QUR’AN TAHUN 2022
XML
Bagi orang Islam, sudah sewajarnya kita mempelajari dan membaca AlQur’an.Begitu sentralnya al-Qur’an sehingga sebagai umat Islam harus mulaimempelajari, membaca, memelihara bacaan, tata cara membacanya, dimanatempat berhenti tentunya harus kita pelajari. Oleh karena itu, penelitian inidilandasi oleh penggunaan metode yang tepat agar hasil pembelajarannya menjadioptimal. Salah satunya dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati.Metode ini merupakan salah satu metode yang tepat dengan pendekatan klasikaldan baca simak individual dengan menggunakan lagu atau nada rost sehinggamembaca al-Qur’an bisa dengan tartil. Penelitian ini tentunya bertujuan untuk:untuk mengetahui pembelajaran baca Al-Qur’an dengan Metode Tilawati, untukmengetahui bagaimana upaya meningkatkan baca Al-Qur’an dengan MetodeTilawati, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapanMetode Tilawati di TPQ Al Ittihad Munggang Bawah Mojotengah Wonosobo.Penelitian ini tentunya menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptifdimana dalam penumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Selain itu, untuk mendapatkan data yang mendalam, penelitijuga melakukan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive.Sumber datanya berupa kata-kata atau kalimat dan tindakan yang didapatkan daridata primer dan skunder. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data,penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Tilawati dengan pendekatanklasikal dalam pembelajarannya sangat membantu santri dalam membaca AlQur’an.Ditambah dengan lagu dan nada rost yang digunakan mampu membuatsantri menjadi semangat dan tidak jenuh sehingga pembelajaran menjadimenyenangkan. Dengan pendekatan individual baca simak membantu ustadz atauustadzah untuk mengetahui lebih detail tentang kemampuan membaca santri,selain itu dengan menggunakan baca simak, sesama teman bisa saling mengoreksibacaan yang salah dan bisa dijadikan evaluasi bersama. Dengan demikian, santrimampu membaca Al-Qur’an dengan tartil dan lancar tanpa meninggalkanfasohah, kaidan ilmu tajwid, ghorib musykilat. Adapun faktor pendukungpenerapan Metode Tilawati adanya ustadz atau ustadzah yang sudah standarisasi,minat, dan sarana prasarana yang memadai. Selain faktor pendukung, ada jugafaktor penghambat kemampuan santri yang berbeda dan kurangnya alokasi waktudalam membaca Al-Qur’an dengan Metode Tilawati.
Kata Kunci: Penerapan Metode Tilawati, Meningkatkan Baca Al-Qur’an.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Futichatur Rohmah - Personal Name
|
Student ID |
2019010402
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |