Prodi Pendidikan Agama Islam
NILAI-NILAI KONSEP PENDIDIKAN SOSIAL KEMASYARAKATAN DALAM PERSPEKTIF Q.S. ALI IMRAN AYAT 104
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi kandungan Q. S Ali Imranayat 104, mengetahui konsep pendidikan sosial kemasyarakatan dalam perspektifQ.S Ali Imran ayat 104, untuk mengetahui nilai-nilai konsep pendidikan sosialkemasyarakatan dalam perspektif Q.S Ali Imran ayat 104 pada pendidikan diIndonesia.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh darisumber data primer dan data sekunder (buku-buku, tafsir Al-Qur’an, referensiyang berkaitan dengan pendidikan sosial, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal,dan situs internet). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik berfikirdeduktif dimana teknik pemikirannya berangkai dari dasar-dasar pengetahuanyang umum menjadi hal-hal yang lebih khusus dan induktif, dimana datadiperoleh dari data lewat observasi menuju kepada suatu teori. Selain itumenggunakan metode tafsir Tahlili. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan sosial kemasyarakatan merupakan sebuah proses pengalaman yang hendak dialami olehsetiap manusia karena mencakup pengembangan karakter kepribadian darimanusia itu sendiri, salah satu contoh membina akhlak anak sejak dini agar menjadi pribadi yang memiliki kecerdasan, kepribadian, dan akhlakul karimah, dengan konsep amar ma’ruf nahi munkar yang sesuai dengan tujuan Islam. Dalamnilai-nilai konsep pendidikan sosial kemasyarakatan yang diajarkan dalam AlQur’an sangat banyak diantaranya nilai-nilai persaudaraan, tolong menolong,kepedulian, pemaaf, toleransi, saling memberi, tidak individualisme, salingmemberi, saling menghormati satu sama lain. Pendidikan sosial kemasyarakatandalam Islam mendidik umatnya agar terbiasa menjalankan adab sosial yang baik dilingkungan masyarakat, agar di dalam masyarakat bisa tampil dengan pergaulandan adab yang baik, keseimbangan akal yang matang dan tindakan bijaksana. Pendidikan sosial sebagai upaya mengembangkan, mendorong serta mengajak peserta didik hidup lebih dinamis dengan berdasarkan nilai-nilai yang tinggi dan kehidupan yang mulia.
Kata kunci: Konsep, Pendidikan Sosial, Kemasyarakatan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fira Annisa - Personal Name
|
Student ID |
2019010006
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |