Fifi Nurlita Oktafiani
Pengarang
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin Nugroho, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Firdaus, M.Pd
Penguji 2
Dr. Asep Sunarko, M.Pd.I
Penguji 1
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Menjelaskan modelpembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. 2. Mengetahui bagaimana penerapan model ProblemBased Learning (PBL) dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar SejarahKebudayaan Islam. 3. Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat modelpembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, alasan menggunakanmetode ini adalah bahwa penelitian ini menyelidiki. Lebih memperdalam siswayang kesulitan memahami pelajaran SKI. Dalam studi ini penulis meneliti faktorfaktoryang menyebabkan hasil belajar ski yang buruk. Siswa yang menjadisubjek penelitian. Kemudian penulis menggunakan metode Problem basedLearning (PBL) dalam pembelajaran.Hasil penelitian ini menunjukan : 1) perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning meliputi menyiapkan perangkat pembelajaran dan pemilihan bahan pelajaran. 2) penerapan model pembelajaran Problem BasedLearning meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar, membagi siswa menjadi beberapa kelompok, membimbing jalannya diskusi, mempresentasikan hasil diskusi, dan mengevaluasi hasil diskusi. 3) evaluasimodel pembelajaran Problem Based Learning meliputi penilaian sikap, penilaianpengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran , Berbasis Masalah (PBL), Hasil Belajar SKI