Tria Istikmalul Muafah
Pengarang
Nasokah, M.Ag.,Alh.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag
Penguji 2
Maryono, M.Pd.I
Penguji 1
Belakangan ini ramai diperbincangkan di televisi, surat kabar jejaring sosial, internet, serta berbagai media lainnya, terkait tentang maraknya perilaku menyimpang para pelajar yang semakin memprihatinkan dan meresahkan masyarakat. Krisis yang paling menonjol adalah krisis pendidikan moral/akhlak atau dalam pengertian sekarang adalah krisis karakter. Proses pendidikan bertumpu pada interaksi antara semua pihak yang terlibat, tidak hanya guru dan siswa, sehingga hubungan yang terbentuk di antara mereka dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendidikan akhlak di Pondok Pesantren An-Nur Wonosobo melalui kitab Ta’lim Muta’allim. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pemimpin, guru dan santri Pondok Pesantren An-Nur Wonosobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan akhlak menggunakan lima langkah, yaitu; pengajaran, pembiasaan, peneladanan, pemotivasian dan penegakan aturan. Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana dan materi pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat sendiri adalah santri serta ustadz/ustadzah dan metode pembelajaran.
Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Santri dan kitab Ta’lim Muta’allim.