• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MA’ARIF KANDANGAN GARUNG WONOSOBO IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MA’ARIF KANDANGAN GARUNG WONOSOBO

    Detail Cantuman

    Prodi PGMI

    IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MA’ARIF KANDANGAN GARUNG WONOSOBO

    XML

    Skripsi ini mempunyai tujuan (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok kelas eksperimen yang menggunakan metode permainan ular naga dengan kelompok kelas kontrol yang menggunakan lembar kegiatan siswa atau LKS. (2) untuk mengetahui berapa besar penigkatan hasil belajar siswa antara kelompok kelas eksperimen yang menggunakan metode permainan tradisional ular naga dengan kelompok kelas kontrol yang menggunakan lembar kegiatan siswa atau LKS. (3) untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan permainan tradisional ular naga dalam peningkatan hasil belajar. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jeis penelitian lapangan yaitu eksperimen dengan desain quasi experimental. Sampel dipilih menggunakan teknik non probability purposive sampling atau memilih sampel atas berdasar tujuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Ma’arif Kandangan Garung Wonosobo tahun ajaran 2022/2023 yang kemudian diambil dua kelas sebagai sampel, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan saru kelas sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, tes yaitu berupa pretest dan posttest selain itu terdapat angket respon siswa dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan Uji-t dan Uji Lanjut atau Uji-gain dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Hal ini dibuktikan dengan H0 ditolak dan Ha diterima dengan perolehan thitung sebesar 10.232 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2.012. Sehingga thitung > ttabel yaitu 10,232 > 2,012. Kedua, sesuai dengan uji hipotesis dan N-gain terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan permainan tradisional ular naga. Nilai rata-rata untuk masing-masing kelas yaitu 50% atau 49.79 dan kelas kontrol 26% atau 26.09. Kemudian dari hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan permaianan tradisional ular naga menemukan hasil yang baik, ini dibuktikan dengan presentase perindikator yang memperoleh nilai rata-rata 83%
    Kata kunci: Hasil Belajar, LKS dan Permainan Tradisional Ular Naga.


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Reza Alifia - Personal Name
    Student ID
    2019030202
    Dosen Pembimbing
    Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
    Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd - - Penguji 1
    Maryono, M.Pd - - Penguji 2
    Kode Prodi PDDIKTI
    86232
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail