Pundut Sarah Astriyah
Pengarang
Nasokah, M.Ag.,Alh.
Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Drs. H. Ali Imron, M. Ag
Penguji 2
Dr. Robingun Suyud El-Syam, M.Pd.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) bagaimana pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah Besani. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran program tahfidz al-Qur‟an terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran al-Qur‟an Hadist pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah Besani. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah Besani. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian lapangan (Kualitatif) Sebagai subjek penelitian adalah guru dan anak kelas V di MI Muhammadiyah Besani Leksono Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan Teknik triangulasi data : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan program tahfidz di MI Muhammadiyah Besani Leksono Wonosobo ada 3 tahapan yaitu : tahap perncaanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dalam proses pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an di MI Muhammadiyah Besani berdasarkan data hasil wawancara dan observasi peneliti di lapangan, dapat dilihat dari aspek sebagai berikut: (a) Pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an (b) Metode Tahfidz al-Qur‟an, (c) Fasilitas penunjang dan (d) Evaluasi (2) Peran program Tahfidz Qur‟an di MI Muhammadiyah Besani Leksono Wonosobo sangat penting karena selain membantu hafalan al-Qur‟an. Peran program ini juga dapat membantu siswa aktif dan lebih berani saat pelajaran dikelas selain itu program Tahfidz ini mempunyai peran yang baik untuk siswa kelas V MI Muhammadiyah Besani Leksono Wonosobo. Adapun peranan program tahfid al-Qur‟an dalam meningkatkan prestasi belajar al-Qur‟an hadist adalah sebagai berikut: (a) Mempermudah pembelajaran al-Qur‟an hadist (b) Membuat siswa lebih percaya diri, (c) Mempermudah Bacaan, (d) Mempermudah pemahaman maknanya (3) Faktor pendukukung pelaksanaan program tahfidz Al-Qur‟an di MI Muhammadiyag Besani Leksono Wonosobo adalah sebagai berikut : (a) Peranan guru dalam memotifasi anak-anak dalam pelaksanaan tahfidz al-Qur‟an , (b) Dukungan Orangtua dan (c) Program Tahfidz . Selain faktor pendukung, terdapat juga faktor penghambat dalam pelaksanaan program tahfid , yaitu: (a) Tingkat kecerdasan, (b) kurangnya waktu yang dimilki orang tua untuk mendampingi anak hafalan di rumah.
Kata Kunci : Peran Program Tahfidz al-Qur’an , al-Qur’an Hadits.