• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • ANALISIS NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KASUS DI KELAS V SD AL MADINA WONOSOBO TAHUN 2023 ANALISIS NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KASUS DI KELAS V SD AL MADINA WONOSOBO TAHUN 2023

    Detail Cantuman

    Prodi PGMI

    ANALISIS NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KASUS DI KELAS V SD AL MADINA WONOSOBO TAHUN 2023

    XML

    Salah satu prinsip ajaran Islam adalah persamaan antar manusia tanpa membedakan jenis kelamin laki-laki atau perempuan, ras, suku, keturunan, atau golongan. Dalam pendidikan, Islam mengajarkan perintah menuntut ilmu adalah wajib baik laki-laki maupun perempuan. Kurikulum pendidikan Islam tentunya harus dapat bersifat universal yang menitikberatkan kepada kesetaraan gender. Kesetaraan gender adalah memberikan perlakuan secara adil kepada laki-laki maupun perempuan. Penerapan nilai kesetaraan gender pada kurikulum pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan langkah yang progresif untuk memberikan transformasi membongkar deskriminasi dan ketidakadilan dalam pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dari kesetaraan gender di kelas V SD Al Madina Wonosobo dan faktor apa saja yang melatarbelakangi penerapan kesetaraan gender di SD Al Madina Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian setelah data terkumpul dianalisis menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Al Madina Wonosobo sudah cukup responsif gender yang menekankan keseimbangan di dalam kelas yaitu menciptakan keharmonisan dan kemitraan antar peserta didik, karena keduanya harus bekerjasama secara seimbang untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. Sehingga akses, partisipasi, kontrol, serta manfaat dapat tercapai dengan maksimal. Pada tahap perencanaan, dalam kaitannya pembuatan silabus dan Rencana Praktik Pembelajaran (RPP) sedikit banyak sudah menyebutkan dan menghadirkan nilai kesetaraan gender. Sedangkan faktor-faktor yang melatarbelakangi penerapan Kesetaraan Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Al Madina Wonosobo ada dua, yaitu kebijakan yang dibuat oleh Kepala Sekolah dan juga tafsir agama di kalangan stakeholder SD Al Madina Wonosobo.
    Kata Kunci: Kesetaraa Gender, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Nurul Milah - Personal Name
    Student ID
    2019030054
    Dosen Pembimbing
    Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
    Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86232
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail