Caliesta Meydiana
Pengarang
M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA.
Dosen Pembimbing 2
Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Penguji 2
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.Pd
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dimensi rating terhadap minat beli pada Marketplace Shopee. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa manajemen angkatan 2018 Universitas Sains Al-Quran. Sampel pada penelitian ini sebanyak 105 responden yang merupakan pengguna Marketplace Shopee dan sudah melakukan pembelian minimal tiga kali. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS statistics 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan bahwa nilai t hitung sebesar 3,517 dengan signifikansi sebesar 0,001. Produk tidak berpengaruh terhadap minat beli dengan dibuktikan bahwa nilai t hitung sebesar 0,631 dengan signifikansi sebesar 0,530. Operasional berpengaruh positif terhadap minat beli dengan dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,270 dengan nilai signifikansi 0,000.