IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI RUPA DUA DIMENSI DAN TIGA DIMENSI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI MI MA'ARIF KLAPA PUNGGELAN BANJARNEGARA 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI RUPA DUA DIMENSI DAN TIGA DIMENSI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI MI MA'ARIF KLAPA PUNGGELAN BANJARNEGARA 2023/2024

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan implementasi pembelajaran seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi pada peserta didik kelas V Mi Ma’arif Klapa Kecmatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. 2) Untuk mengetahui minat belajar pembelajaran seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi kelas V Mi Ma’arif Klapa Kecmatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implememtasi seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di kelas V Mi Ma’arif Klapa Kecmatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan saintifik, pendekatan saintifik merupakan kerangka ilmiah pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ilmiah (scientific approach) dimana pendekatan ini berorientasi pada pembelajaran berpusat kepada siswa (student centered). Siswa memiliki keterlibatan dalam proses pembelajaran secara mandiri. Pendekatan Saintifik adalah pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran melalui proses ilmiah yang dilakukan melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada implementasi pembelajaran seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Hasil penelitian pengisian angket kuesioner menunjukan tanggapan adanya minat peserta didik terhadap mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Penelitian ini diukur dari 20 butir pertanyaan dengan 21 responden. Hasil ststistik data penelitian diperoleh skor minimum sebesar = 55; skor maksimum 80; rerata 69,48; median 71; modus 78 dan standar deviasi = 7,047. Implementasi pembelajaran seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi terhadap minat baca peserta didik pelajaran Seni Budaya dan Prakarya diukur berdasarkan 20 butir soal angket kuesioner dengan rentang skor 1 – 4, sehingga diperoleh rentang skor idealnya 20 – 80. Untuk mengetahui hasil implementasi pembelajaran menghitung mean ideal (Mi) = ½(skor maksimal ideal + skor minimal ideal) dan standar deviasi ideal = 1/6(skor maksimal ideal – skor minimal ideal). Berdasarkan hasil data tanggapan pengisian kuesioner disimpulkan bahwa peserta didik sangat berminat dengan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dibuktikan dengan hasil implementasi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya terhadap minat belajar peserta didik diperoleh data kategori sangat berminat sebesar 23,81%, kategori berminat sebesar 76,19 %, kategorikurang berminat sebesar 0%, dan kategori tidak berminat 0%.
Kata Kunci: Seni Rupa Tiga Dimensi dan Pembelajaran Seni Rupa Dua Dimensi,Menumbuhkan Minat, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhamad Nur Jalil Arif - Personal Name
Student ID
2017030180
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Robihan, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail