Prodi PGMI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI RUPA DUA DIMENSI DAN TIGA DIMENSI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI MI MA'ARIF KLAPA PUNGGELAN BANJARNEGARA 2023/2024
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan implementasi pembelajaran seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi pada peserta didik kelas V Mi Ma’arif Klapa Kecmatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. 2) Untuk mengetahui minat belajar pembelajaran seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi kelas V Mi Ma’arif Klapa Kecmatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implememtasi seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di kelas V Mi Ma’arif Klapa Kecmatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan saintifik, pendekatan saintifik merupakan kerangka ilmiah pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ilmiah (scientific approach) dimana pendekatan ini berorientasi pada pembelajaran berpusat kepada siswa (student centered). Siswa memiliki keterlibatan dalam proses pembelajaran secara mandiri. Pendekatan Saintifik adalah pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran melalui proses ilmiah yang dilakukan melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada implementasi pembelajaran seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Hasil penelitian pengisian angket kuesioner menunjukan tanggapan adanya minat peserta didik terhadap mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Penelitian ini diukur dari 20 butir pertanyaan dengan 21 responden. Hasil ststistik data penelitian diperoleh skor minimum sebesar = 55; skor maksimum 80; rerata 69,48; median 71; modus 78 dan standar deviasi = 7,047. Implementasi pembelajaran seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi terhadap minat baca peserta didik pelajaran Seni Budaya dan Prakarya diukur berdasarkan 20 butir soal angket kuesioner dengan rentang skor 1 – 4, sehingga diperoleh rentang skor idealnya 20 – 80. Untuk mengetahui hasil implementasi pembelajaran menghitung mean ideal (Mi) = ½(skor maksimal ideal + skor minimal ideal) dan standar deviasi ideal = 1/6(skor maksimal ideal – skor minimal ideal). Berdasarkan hasil data tanggapan pengisian kuesioner disimpulkan bahwa peserta didik sangat berminat dengan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dibuktikan dengan hasil implementasi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya terhadap minat belajar peserta didik diperoleh data kategori sangat berminat sebesar 23,81%, kategori berminat sebesar 76,19 %, kategorikurang berminat sebesar 0%, dan kategori tidak berminat 0%.
Kata Kunci: Seni Rupa Tiga Dimensi dan Pembelajaran Seni Rupa Dua Dimensi,Menumbuhkan Minat, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muhamad Nur Jalil Arif - Personal Name
|
Student ID |
2017030180
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |