Prodi PGMI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LOK-R DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF SUREN GEDE TAHUN PELAJARAN 2023/2024
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penggunaan model pembelajaran LOK-R pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Surengede tahun pelajaran 2023/2024. (2) Adakah peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui penggunaan model pembelajaran LOK-R Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Surengede tahun pelajaran 2023/2024. (3) Adakah perbedaan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Surengede antara yang menggunakan model pembelajaran LOK-R dan dan yang tidak menggunakan model pembelajaran LOK-R. Bentuk penelitian ini adalah penelitian experimen, Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Ma‟arif Suren Gede Kertek Wonosobo . Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, analisi pendahuluan dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan model pembelajaran LOK-R pada kelompok eksperimen adalah : (a) Pertama tahap literasi, guru meminta siswa melakukan kegiatan secara mandiri untuk memahami dan merespon suatu bacaan. (b) Kemudian guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, siswa secara berkelompok mencermati dan mencari informasi tentang bacaan yang yang diberikan guru (c) Tahap orientasi, guru lebih fokus pada kegiatan yang mengarahkan siswa untuk memahami bacaan. (d) Tahap kolaborasi, pada tahap ini guru dan siswa dapat berdiskusi untuk lebih memahami bacaan . (e) Tahap refleksi (2) adanya peningkatan hasil belajar SKI siswa kelas V MI Ma‟arif Suren Gede setelah menggunakan model pembelajaran LOK-R. Hal ini berdasarkan uji hipotesis dengan nilai rata-rata awal mengalami peningkatan dari kondisi awal yang semula 59,17 menjadi 87,83. Dan hasil pengujian genitas yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,702 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,351. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar SKI siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Suren Gede Kertek Wonosobo dengan penggunaan model pembelajaran LOK-R. Dibuktikan dari hasil uji t diperoleh sebesar 8,363 8,363, selanjutnya thitung dibandingkan dengan ttabel dengan dk = 30+30-2 = 58. dengan dk 58 dan taraf kesalahan 5% maka ttabel = 2,001 Dalam hal ini berlaku ketentuan bila thitung lebih kecil daripada ttabel maka H0 diterima. Ternyata diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (8,363 > 2,001).
Kata Kunci : Model Pembelajaran LOK-R, Hasil Belajar SKI
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maryatul Kibtiyah - Personal Name
|
Student ID |
2019030220
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |