Linda Gus Dwiyanti
Pengarang
Drs. Ali Imron, M.Ag
Dosen Pembimbing 2
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Dr. Moh. Sakir, M Ag
Penguji 1
Mukromin, Alh, M.Ag
Penguji 2
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseacrh) yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observassi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Binangun Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Binangun Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo ada peningkatan setelah digunakan metode True Or False dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan materi pokok hak dan kewajiban. Terbukti pada hasil observasi siklus I, dari 30 jumlah peserta didik terdapat 3 peserta didik yang sudah mampu berpikir kritis dalam kategori sangat berkembang, 6 peserta didik yang sudah mampu berpikir kritis dalam kategori berkembang sesuai harapan dan 13 peserta didik dikategorikan belum berkembang, hasil tes peserta didik menunjukkan bahwa pada siklus I nilai ratarata yang diperoleh 77,6 dan meningkat menjadi 84,6 pada siklus II. Kriteria keberhasilan pada siklus I sebesar 26,6% atau 8 peserta didik dan meningkat pada siklus II menjadi 90% atau 27 peserta didik .
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Metode True Or False.