Prodi PGMI
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI NURUL HUDA KEBLUKAN TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penggunaan model Inquiry Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Nurul Huda Keblukan; 2) mengetahui adakah perbedaan hasil belajar IPA setelah menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning pada siswa kelas V MI Nurul Huda Keblukan; 3) mengetahui apakah model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Nurul Huda Keblukan. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dimana jenis penelitiannya bersifat eksperimen yakni dengan menggunakan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian seluruh siswa MI Nurul Huda Keblukan yang berjumlah 105 siswa. Sampel penelitian seluruh siswa kelas V MI Nurul Huda Keblukan sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan soal tes. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji tanda. Uji hipotesis dengan uji t dan analisis lanjut menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan model pembelajaran Inquiry Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Nurul Huda Keblukan, memperoleh nilai hasil pretest tertinggi 88 dan nilai terendah 20 dengan rata-rata sebesar 48,96 dan nilai hasil posstest tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 72 dengan rata-rata sebesar 85,60; 2) hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa t hitung = 11,400 dan t tabel = 2,064 dengan taraf signifikan 5%. Karena t hitung lebih besar dari t tabel (11,400>2,064). Sehingga Ho ditolak dan Ha yang berbunyi “Ada perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning” diterima; 3) ada peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tema 5 subtema 1 siswa kelas V MI Nurul Huda Keblukan yang menggunakan model Inquiry Learning berkategori tinggi sebesar 0,72. Ha diterima, karena 0,72 > 0,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta model pembelajaran Inquiry Learning baik digunakan dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Model Inquiry Learning, Hasil Belajar, IPA.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lailatul Munashiroh - Personal Name
|
Student ID |
2017030021
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |