ANALISIS PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ 30 DENGAN METODE SOROGAN DI MI UNGGULAN ASH-SHIDDIQIYYAH DUKUHDUNGUS GRABAG PURWOREJO TAHUN AJARAN 2022/ 2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

ANALISIS PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ 30 DENGAN METODE SOROGAN DI MI UNGGULAN ASH-SHIDDIQIYYAH DUKUHDUNGUS GRABAG PURWOREJO TAHUN AJARAN 2022/ 2023

XML

Bagi orang islam, sudah sewajarnya kita mempelajari, membaca dan menghafal Al-Qur’an. begitu sentralnya Al-Qur’an sehingga umat islam harus membaca, mempelajari dan menghafal Al-Qur’an sebagai rasa cinta terhadapAlQur’an. seperti halnya yang diterapkan di MI Unggulan Ash-Shiddiqiyah siswa dituntut untuk bisa menghafal Al-Qur’an dalam bentuk dasar, dengan diadakannya pembelajaran hafalan juz 30 dengan Metode Sorogan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui konsep metode sorogan yang diterapkan dalam pembelajaran juz 30 di MI Unggulan Ash Shiddiqiyyah Dusun Dungus Grabag Purworejo. (2) Mengetahui implementasi pelaksanaan pembelajaran hafalan juz 30 di MI Unggulan Ash Shiddiqiyyah Dusun Dungus Grabag Purworejo. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran hafalan juz 30 dengan metode Sorogan di MI Unggulan Ash-Shiddiqiyyah Dukuh Dungus Grabag Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MI Unggulan Ash-Shiddiqiyyah Dukuh Dungus Grabag Purworejo. Penelitian menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Teknik analisis data yang digunakan yaitu alur Miles dan Huberman. Hasil analisis pembelajaran hafalan juz 30 dengan metode sorogan di MI Unggulan Ash Shiddiqiyah ini menunjukkan bahwa bahwa metode sorogan mendukung siswa untuk menghafal sesuai dengan kemampuan sendiri serta dipantau oleh orang tua sehingga hafalan yang didapatkan sesuai dengan yang siswa mampu. Metode sorogan menekankan pada hasil yang didapat, kesempurnaan bacaan serta murajaah hafalan. Penerapan metode sorogan di MI Unggulan Ash Shiddiqiyyah cukup tepat karena terdapat peningkatan sebanyak 20% terhadap hafalan siswa. Penerapan metode sorogan ini tentunya memiliki factor pendukung serta factor penghambatnya. Factor pendukung penerapan metode sorogan diantaranya guru pengampu sudah professional, minat serta kemampuan siswa yang tinggi, dorongan dan bimbingan oramng tua dan guru serta tersedianya sarana prasarana pendukung. Factor penghambat diantaranya siswa yang sudah dewasa sudah haid, kemampuan menghafal tiap siswa berbeda bedaserta kurangnya alokasi waktu dalam pembelajaran tahfidz.
Kata Kunci: Pembelajaran Hafalan Juz 30, Metode Sorogan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Laila Dinasti - Personal Name
Student ID
2019030061
Dosen Pembimbing
Dr. Ngarifin Shidiq, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail