• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS IV DI SDN WONOSARI WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023 ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS IV DI SDN WONOSARI WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023

    Detail Cantuman

    Prodi PGMI

    ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS IV DI SDN WONOSARI WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023

    XML

    Kurikulum Merdeka belajar0menimbulkan pro dan kontra0di masyarakat. Perlu ada pelatihan dan dukungan dari pemerintah untuk mengembangkan strategi dalam mengimplementasikan agar lebih efektif. Langkah-langkah yang tepat agar kurikulum Merdeka belajar dapat menjadikan solusi yang baik bagi Pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menggunakan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian: (1) mengetahui keberhasilan implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum Merdeka belajar; (2) mengetahui keefektifan program kurikulum Merdeka belajar di SDN Wonosari.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode DEM (Discrepancy evalution models) digunakan untuk melihat ada tidaknya kesenjangan antara tujuan implementasi kurikulum Merdeka belajar dan data yang ada di lapangan, sehingga dapat dilihat keefektifan program dapat diteruskan atau tidak. Teknik pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas IV SDN Wonosari, pengamatan terhadap proses pembelajaran dan angket kepada siswa kelas IV.
    Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) program kurikulum Merdeka belajar dengan pendekatan saintifik, siswa mampu menyelesaikan tugas, dan menyampaikan hasil temuannya dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengelola data, serta mengasosiasi yang ditunjukkan kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan dalam bentuk diagram, bagan, gambar, dan sejenisnya dengan bantuan perangkat teknologi sederhana atau teknologi informasi dan komunikasi; (2) Program kurikulum Merdeka belajar dengan pendekatan saintifik dikatakan efektif, hal ini ditunjukan dengan hasil angket sebesar 55% atau 17 siswa dari jumlah keseluruhan siswa 31 menjawab dengan kategori sangat sesuai; (3) Program kurikulum Merdeka belajar dengan pendekatan saintifik menggambarkan kondisi proses belajar siswa berjiwa merdeka, dan tidak merasa dikekang oleh ketentuan dan peraturan dalam pembelajaran sehingga mereka dapat menemukan potensi dan kemampuan diri masing-masing. Dengan demikian program ini bisa dilanjutkan dengan merevisi beberapa tahapan yang sudah ada.
    Kata kunci: DEM, Pendekatan saintifik, Kurikulum Merdeka belajar.


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Indah Yuliana - Personal Name
    Student ID
    2019030062
    Dosen Pembimbing
    Dr. Sri Jumini, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
    Bambang Sugiyanto, M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86232
    Edisi
    Published
    Departement
    PGMI
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail