Ikfina Intan Kafita
Pengarang
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Firdaus, M.Pd
Penguji 2
Skripsi ini bertujun untuk: 1) Untuk mengetahui adanya Peningkatan Prestasi Belajar IPA menggunakan Media Pembelajaran Big Book berbasis Bahan Limbah pada siswa kelas III MI Ma’arif 2 Gesing Kandangan Temanggung; 2) Untuk mengetahui Efektifitas penggunakan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Bahan Limbah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPA siswa kelas III MI Ma’arif 2 Gesing Kandangan Temanggung; 3) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Bahan Limbah pada siswa kelas III MI Ma’arif 2 Gesing Kandangan Temanggung;
Skripsi ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang setiap putaranya terdiri atas empat tahap yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi . Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles & Huberman, yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Data awal siswa kelas III MI Ma’arif 2 Gesing Kandangan Temanggung masih sangat rendah, hal ini dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang masih mencapai 25% dan aktivitas belajar siswa 37,5%; 2) Penggunakan media Big Book berbasis bahan limbah dalam pembelajaran IPA memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Ma’arif 2 Gesing Kandangan Temanggung, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa disetiap siklusnya yaitu, Siklus I (45%) dan Siklus II (90%); 3) Penggunakan media Big Book berbasis bahan limbah dalam pembelajaran IPA memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan Aktivitas belajar siswa kelas III MI Ma’arif 2 Gesing Kandangan Temanggung yang ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar siswa disetiap siklusnya yaitu siklus I (40%) dan Siklus II (75%) dan meningkatkan cara mengajar guru disetiap siklusnya yaitu siklus I (40%) dan Siklus II (67,5%).
Kata Kunci : Peningkatan, Prestasi Belajar, Media Big Book.