Prodi PGMI
PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KLESMAN MOJOTENGAH WONOSOBO
XML
Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perbedaan keaktifan antara siswa yang menggunakan model active learning tipe everyone is a teacher here dengan siswa yang tidak menerapkan (2) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV yang menerapkan model active learning tipe everyone is a teacher here.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental research desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Klesman Mojotengah Wonosobo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan 30 siswa masing-masing kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan :1) Ada perbedaan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis yaitu ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? atau 4,39 > 2,002 dengan taraf signifikansi 5% dan 4,39 > 2,663 dengan taraf signifikansi 1 %. 2) Adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa kelas IV pada kelas eksperimen sebesar 0,423 dan berkategori sedang.
Kata Kunci: Active Learning, Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Dian Putri Agustiani - Personal Name
|
Student ID |
2019030067
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |