Aza Ima Rahmatika
Pengarang
Dr. Abdul Majid, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, M. sc.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Penguji 1
Drs. H. Ali Imron, M. Ag
Penguji 2
Skripsi ini bertujuan untuk : 1) untuk menyelidiki Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembentukan katakter siswa di SD Al-Madina Wonosobo; 2) untuk mengetahui strategi penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembentukan karakter siswa di SD Al-Madina Wonosobo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian mengenai riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian dilakukan di SD Al- Madina Wonosobo dengan partisipan siswa kelas I dan kelas IV yang terlibat dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan pihak Kepala Sekolah, Kepala Kurikulum, Guru Kelas I dan Kelas IV, serta analisis dokumen terkait pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Menurut Kepala Sekolah SD AlMadina, pembentukan karakter siswa dalam kurikulum merdeka sesuai dengan ketentuan karakter kurikulum yang ada, seperti profil pelajar pancasila. Hal ini pun telah dilaksanakan sebelum adanya kurikulum merdeka. (2) Strategi yang dilaksanakan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter siswa salah satunya ialah dengan melakukan pembiasaan di setiap hari.
Kata Kunci: Kurikulum, Modul, Karakter, SD Al-Madina Wonosobo