Prodi PGMI
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENALARAN ILMIAH SISWA KELAS IV B MATA PELAJARAN IPA DI MI MUHAMMADIYAH KALIKAJAR WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Upaya transfer ilmu membutuhkan model pembelajaran yang diaplikasikan sebagai sarana dan prasarana dalam memahami pembelajaran. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang digalakkan guna memberikan pengalaman belajar yang berbasis penelitian sederhana atau uji coba yang menghasilkan proyek. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah dalam memicu siswa bernalar secara ilmiah, yaitu bernalar dengan sesuai fakta yang di uji cobakan dengan langkah kegiatan berbasis metode ilmiah. Sehingga siswa mampu mengidentifikasi, menjabarkan dan menyimpulkan hasil uji coba sebagai bagian dari aspek penalaran ilmiah.
Penelitian yang disajikan dalam skripsi ini mengambil pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data disajikan dalam bentuk deskriptif.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan model project based learning di kelas IV B memiliki langkah metode ilmiah dengan teknik uji coba penjernihan air dengan alat sederhana; (2) Pemahaman siswa untuk mengidentifikasi, menjabarkan dan menyimpulkan hasil uji coba sebagai bagian aspek proses bernalar ilmiah ; (3) Kendala keterbatasan waktu pembelajaran yang mengurangi referensi siswa dalam penguatan kesimpulan.
Kata Kunci: Project Based Learning, Uji Coba, Penalaran Ilmiah, Metode Ilmiah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ayu Arfina - Personal Name
|
Student ID |
2019030078
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |