Fahrunnisa Rahma Desylia
Pengarang
Maryono, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fauadi, M.Pd.I.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Penguji 2
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd.
Penguji 1
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan ProgramKegiatan Khitobah Bagi Siswa Kelas X di SMK Andalusia 1 Wonosobo Tahun Ajaran 2022/2023. (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan programkegiatan Khitobah Bagi Siswa Kelas X di SMK Andalusia 1 Wonosobo TahunAjaran 2022/2023.(3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan kegiatan Khitobah Bagi Siswa Kelas X di SMK Andalusia 1 Wonosobo Tahun Ajaran 2022/2023.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan kepala selolah diSMK Andalusia I Wonosobo . Hasil penelitian ini adalah; (1) Pelaksanaan khitobah pada anak kelas X diSMK Andalusia mulai direncanakan dan termasuk penjadwalan, mentoring khitobah, praktek khitobah, dan evaluasi khitobah. (2) Faktor pendukung danfaktor penghambat dalam pelaksanaan khitobah, Adapun faktor pendukung kegiatan khitobah adalah sebagai berikut: (a) Faktor Internal : dari dalam dirisiswa sendiri, karena dalam kegiatan khitobah yang menjadi faktor utamanya adalah diri siswa sendiri karena pada dasarnya siswa mempunyai motivasi berbeda-beda dalam mengikuti kegiatan khitobah. Bagaimana siswa menjalankan tugas tersebut dengan rasa penuh tanggungjawab, kesadaran siswa sendiri akan peraturan yang telah ditetapkan. (b) Faktor Eksternal, meliputi: Pendidikan,Pelatihan, Pekerjaan, Lingkungan, Pembiasaan. (3) Evaluasi pelaksanaan khitobah di mulai dengan guru merancang penilaian tersebut, yang meliputi pembuatan jadwal, materi khitobah, monitoring pelaksanaan, penilaian pelaksanaan dan evaluasi praktik khitobah.
Kata Kunci : Pelaksanaan Kegiatan Khitobah .