Prodi Pendidikan Agama Islam
ANALISIS STRATEGI GURU PAI DALAM MEMOTIVASI SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 3 GARUNG TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Penelitian ini mengkaji peran strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan dampaknya terhadap motivasi dan prestasi belajar siswadi SMP Negri 3 Garung. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, penelitian ini melibatkan 128 siswa kelas VIII sebagai populasi penelitian. Variabel independen mencakup strategi guru (X) dan variabeldependen motivasi siswa (Y).Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan skunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru secara keseluruhan tergolong baik,meskipun terdapat siswa yang motivasinya masih rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Motivasi belajar PAI Siswa KelasVIII di SMP Negeri 3 Garung masih perlu ditingkatkan karena ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan karena pada saat pelajaran berlangsung masih ada siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang disampaikan,bahkan ada beberapa siswa main-main sendiri dan mengganggu temannya yang sedang konsentrasi belajar sehingga pembelajaran kurang efektif. 2). Dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan berbagai strategi dalam meningkatkan motivasi berlajar pendidikan agama Islam yaitu memberi penguatan, memberikan nilai, mengadakan kompetisi, memberikan pujian, hukuman, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan mengadakan ulangan. Dengan adanya bentuk-bentuk motivasi tersebut, diharapkan siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam. 3). Adapun kendala-kendala yang dihadapi guru pedidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu pengaruh teman sebaya, kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua. Saran untuk peningkatan melibatkan perbaikan strategi pembelajaran dengan mengidentifikasi faktor penyebab skor rendah, melibatkan orang tua dalam dukungan pembelajaran, dan merancang program remedial untuk siswa dengan prestasi rendah. Evaluasi dan pemantauan berkelanjutan serta kolaborasi sekolah dan komunitas menjadi kunci dalam mencapai peningkatan berkelanjutan.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, MotivasiBelajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Elis Nur Starofah - Personal Name
|
Student ID |
2019010050
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |