Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA NEGERI 1 SAPURAN WONOSOBO
XML
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM, pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Desain penelitian dengan menggunakan penelitian ex-postfacto bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 259 siswa dan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 68siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Sapuran dengan model pembelajaran PAIKEM dengan kategori sangat tinggi. Nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 90. Model pembelajaran PAIKEM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 1 Sapuran. Berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh dari perhitungan uji regresi linier sederhana dalam penelitian ini sebesar 0,015. Disimpulkan bahwa variabel model pembelajaran PAIKEM (X) berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar (Y) karena nilai signifikansi t < 0,05 yaitu 0,015 < 0,05.
Kata kunci: Peningkatan, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran PAIKEM.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Efrydha Fallarina - Personal Name
|
Student ID |
2019010190
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Ngarifin Shidiq, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |