Prodi Pendidikan Bahasa Arab
POLA STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN AN-NIDA’ ISLAMIC BOARDING SCHOOL SELOMERTO WONOSOBO
XML
Penelitian ini adalah hasil survei peneliti di Pondok Pesantren Modern An-Nida’ Islamic Boarding School Selomerto, Wonosobo yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab dan penggunaan bahasa Arab dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bentuk stimulus guru yang diberikan oleh peserta didik dalam pola pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern An-Nida’ Islamic Boarding School Selomerto, Wonosobo.(2) Untuk mengetahui respon peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern An-Nida’ Islamic Boarding School Selomerto, Wonosobo.(3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern An-Nida’ Islamic Boarding School Selomerto, Wonosobo.
Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitianya adalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dalam meningkatkan stimulus guru dan respon siswa maka guru akan memberikan stimulus berupa: penggunaan variasi metode mengajar, materi, dan buku penunjang, pemberian nilai, pemberian hukuman, dan pemberian pujian, dan reward atau penghargaan kepada siswa, serta harus dibantu dengan beberapa kegiatan yang mendukung dalam proses perkembangan pembelajaran bahasa Arab, diantaranya: mewajibkan penggunaan bahasa Arab, program KMI, program pengembangan bahasa yaitu: ilqo’ mufrodat,, muhadloroh dan muhadatsah. 2) Respon siswa atau santri sudah baik untuk meningkatkan respon siswa juga harus dibantu dengan beberapa kegiatan yang mendukung dalam proses perkembangan belajar siswa, yakni adanya pemberian mufradat, yang disebut dengan ilqo’ mufradat, pengulangan mufradat, kegiatan muhadasah, program (Kulliyatul Mu’allimin AlIslamiyah). 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab. Faktor pendukung: menciptakan lingkungan bahasa, kerjasama, program KMI, program pengembangan bahasa. Sedangkan faktor penghambat: kurangnya kesadaran dari mereka, kurangnya semangat belajar bahasa Arab, kurangnya kesadaran dalam mengikuti kegiatan kebahasaan dan kurangnya kosa kata yang dimiliki.
Kata Kunci: Pola Stimulus, Respon, Pembelajaran bahasa Arab
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Zulfi Laili Rahmadani - Personal Name
|
Student ID |
2019040037
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |