IMPLEMENTASI MEDIA WAYANG KERTAS UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS AL-GHAZALY SIWATU WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI MEDIA WAYANG KERTAS UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS AL-GHAZALY SIWATU WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi media wayang kertas dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Al-Ghazaly Siwatu; 2) Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab menggunakan media wayang kertas pada siswa kelas VIII MTs AlGhazaly Siwatu; 3) Mengetahui perbedaan keterampilan berbicara bahasa Arab antara siswa yang menggunakan media wayang kertas dan siswa yang tidak menggunakan media wayang kertas pada siswa kelas VIII MTs Al-Ghazaly Siwatu.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan pretest-postest control desaign. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs Al-Ghazaly Siwatu yang berjumlah 35 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan media wayang kertas, sedangkan pembelajaran kelas kontrol tanpa menggunakan media. Setelah pembelajaran selesai dilakukanlah tes akhir berupa soal lisan. Kemudian hasil tesnya dianalisis dan dibandingkan menggunakan uji gain dan uji t untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan keterampilan berbicara bahasa Arab diantara dua kelas tersebut. Selanjutnya, sumber data diperoleh menggunakan dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menggunakan uji t dan uji gain menunjukkan ada 2 tujuan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab, hasil uji gain kelas eksperimen sebesar 0,531 dan kelas kontrol sebesar 0,133. Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 7,61, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan dk = 15 + 20 - 2 = 33 dengan taraf kesalahan 1% maka diperoleh ttabel = 2,723, dan taraf kesalahan 5% maka ttabel = 2,030. Dari hasil tersebut diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (7,61 > 2,030. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara bahasa Arab siswa menggunakan media wayang kertas lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media. Serta terdapat peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa yang menggunakan media wayang kertas.
Kata Kunci: Media, Wayang Kertas, Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Wifaqul Asyfa Maula - Personal Name
Student ID
2018040007
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Penguji 1
Nasokha, M.Ag., Alh - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail