Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENERAPAN METODE TAMYIZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NAHWU DASAR PADA SISWA KELAS VII MTs AL-FUTUHIYYAH WONOSOBO
XML
Sains Al-Qur’an Jawa Tengah, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui bagaimana carapenerapan metode Tamyiz pada pembelajaran nahwu dalam meningkatkan pemahaman nahwu dasar siswa kelas VII MTs Al-Futuhiyyah Wonosobo. 2) Untukmengetahui adanya peningkatan pemahaman nahwu dasar setelah menerapkanmetode Tamyiz pada pembelajaran nahwu siswa kelas VII MTs Al-FutuhiyyahWonosobo. 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman nahwu dasar yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode Tamyiz dan kelas yang tidak menggunakan metode Tamyiz pada pembelajaran nahwu kelas VII MTs AlFutuhiyyah Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakanpendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Al-Futuhiyyah Wonosobo, dengan jenis penelitian eksperimen, desain penelitiannya menggunakan quasiexperimental design yaitu adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Padapenelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya yaitu penggunaan model pembelajaran koonfesional, dan variabel terikatnya adalah menggunakan metode Tamyiz untuk meningkatkanpemahaman nahwu dasar siswa kelas VII MTs Al-Futuhiyyah Wonosobo. Metodepengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasidan tes. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis pendahuluan dan ujihipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan modelpembelajaran menggunakan metode Tamyiz terbukti efektif dapat meningkatkan pemahaman nahwu dasar siswa kelas VII MTs Al-Futuhiyyah Wonosobo. (2) Adanya peningkatan pemahaman nahwu dasar siswa kelas VII eksperimen dengandibuktikan oleh uji-Gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. (3) Adanyaperbedaan pemahaman nahwu dasar antara kelas yang menggunakan metodeTamyiz dengan yang tidak menggunakan metode Tamyiz dengan perhitungananalisis data yang penulis peroleh, yaitu ????ℎ???????????????????? sebesar 4,77. Dan ???????????????????????? tarafsignifikansi 5% dan dk = (20+20)-2 = 38 diperoleh ???????????????????????? sebesar 2,0244, dan padataraf signifikansi 1% diperoleh ???????????????????????? sebesar 4,77. Hasil ini menunjukkan nilai????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? . Dengan demikian H0 ditolakََdan ???????? diterima. Sehingga adaperbedaan antara kelas yang menggunakan metode Tamyiz dengan kelas yang tidak menggunakan metode Tamyiz.
Kata kunci : Metode pembelajaran, Tamyiz, Nahwu.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rafika Lasya Ningrum - Personal Name
|
Student ID |
2018040015
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |