Muliana Hakim
Pengarang
Dr. H. Nasokah, Alh.M.Ag
Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I.
Penguji 2
Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui penerapan media Quizizz dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Cokroaminoto Wanadadi siswa kelas VII. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar sesudah diterapkannya media Quizizz di MTs Cokroaminoto Wanadadi siswa kelas VII. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah diterapkannya media Quizizz di MTs Cokroaminoto Wanadadi siswa kelas VII.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang di laksanakan di MTs Cokroaminoto Wanadadi dengan jenis penelitian eksperimen. Sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen one group pretest postest, dimana dalam penelitian ini hanya menggunakan satu grup atau kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Cokroaminoto Wanadadi. 2) Adanya peningkatan hasil belajar bahasa Arab setelah diterapkannya media Quizizz, yang dibuktikan dengan perhitungan uji gain diperoleh hasil sebesar 0,35 yang termasuk kategori sedang. 3) Adanya perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara sebelum dan sesudah diterapkannya media Quizizz. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 4,951 dimana ttabel pada taraf kesalahan 1% = 2,845, dan pada taraf kesalahan 5% = 2,085 sehingga menunjukkan bahwa thitung > ttabel baik pada taraf kesalahan 5% maupun 1%, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Media Quizizz, Evaluasi Pembelajaran