EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QOWĀ’ID NAHWI DENGAN KITAB MABĀDI AN-NAHWIYAH DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) KELAS X PONDOK PESANTREN AL MUBAAROK MANGGISAN WONOSOBO TAHUN 2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QOWĀ’ID NAHWI DENGAN KITAB MABĀDI AN-NAHWIYAH DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) KELAS X PONDOK PESANTREN AL MUBAAROK MANGGISAN WONOSOBO TAHUN 2023

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran qowā’id nahwi dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo. 2) Untuk mengetahui metode pembelajaran qowā’id nahwi dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran qowā’id nahwi dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo. 4) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran qowā’id nahwi dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannya adalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran qowā’id nahwi dilaksanakan selama 2 jam mulai dari jam 08.00 – 10.00, santri diberikan beberapa penjelasan dan contoh, kemudian santri diperintahkan untuk memahami dan menghafalkan materi yang ada dalam kitab Mabādi An-Nahwiyah. santri juga dituntut untuk mampu menjabarkan dan menerapkan kaidah-kaidah nahwu yang sudah diajarkan. 2) metode pembelajaran qowā’id nahwi dengan menggunakan kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo menggunakan metode pesantren atau hampir sama dengan metode deduktif. 3) faktor pendukung pembelajaran menggunakan kitab Mabādi An-Nahwiyah yaitu persepsi dari santri terhadap pentingnya belajar qowā’id nahwi sebagai sumber murni dalam memahami kitab dan pemberian syahadah bagi yang sudah selesai belajar qowā’id nahwi dengan kitab Mabādi An-Nahwiyah. Adapun faktor penghambatnya beberapa santri yang masih perlu adaptasi dengan lingkungan pondok pesantren. 4) Pembelajaran qowā’id nahwi dengan kitab Mabādi An-Nahwiyah berjalan cukup efektif, dibuktikan dengan beberapa hasil nilai dan prestasi para santri dalam suatu event.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Qowā’id Nahwi, kitab Mabādi AnNahwiyah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhammad Badrul Falah - Personal Name
Student ID
2019040048
Dosen Pembimbing
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Saefullah, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail