Prodi Pendidikan Bahasa Arab
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QOWĀ’ID NAHWI DENGAN KITAB MABĀDI AN-NAHWIYAH DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) KELAS X PONDOK PESANTREN AL MUBAAROK MANGGISAN WONOSOBO TAHUN 2023
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran qowā’id nahwi dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo. 2) Untuk mengetahui metode pembelajaran qowā’id nahwi dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran qowā’id nahwi dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo. 4) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran qowā’id nahwi dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannya adalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran qowā’id nahwi dilaksanakan selama 2 jam mulai dari jam 08.00 – 10.00, santri diberikan beberapa penjelasan dan contoh, kemudian santri diperintahkan untuk memahami dan menghafalkan materi yang ada dalam kitab Mabādi An-Nahwiyah. santri juga dituntut untuk mampu menjabarkan dan menerapkan kaidah-kaidah nahwu yang sudah diajarkan. 2) metode pembelajaran qowā’id nahwi dengan menggunakan kitab Mabādi An-Nahwiyah di Pendidikan Diniyah Formal Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo menggunakan metode pesantren atau hampir sama dengan metode deduktif. 3) faktor pendukung pembelajaran menggunakan kitab Mabādi An-Nahwiyah yaitu persepsi dari santri terhadap pentingnya belajar qowā’id nahwi sebagai sumber murni dalam memahami kitab dan pemberian syahadah bagi yang sudah selesai belajar qowā’id nahwi dengan kitab Mabādi An-Nahwiyah. Adapun faktor penghambatnya beberapa santri yang masih perlu adaptasi dengan lingkungan pondok pesantren. 4) Pembelajaran qowā’id nahwi dengan kitab Mabādi An-Nahwiyah berjalan cukup efektif, dibuktikan dengan beberapa hasil nilai dan prestasi para santri dalam suatu event.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Qowā’id Nahwi, kitab Mabādi AnNahwiyah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Badrul Falah - Personal Name
|
Student ID |
2019040048
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |