Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENGGUNAAN MEDIA KARTU KAMAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI SMP ALFA ALI MASYKUR TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Pembelajaran di SMP Alfa Ali Masykur masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Namun pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung banyak siswa yang pasif, kurang berpartisipasi dan banyak siswa yang beranggapan bahwa pembelajaran bahasa Arab itu sulit. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelaj aran yang bervariasi dan menyenangkan. Sehingga dengan penggunaan media kartu kamal dapat menjadi solusi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan eksperimen yang menggunakan desain non equivalent control group yaitu penelitian yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian kelompok eksperimen dan kontrol dikenakan pretes dan di akhir dekenakan posttest. Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan diabandingkan menggunakan uji t-test dan uji gain untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab antara kedua kelompok tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Terdapat peningkatan penguasaan kosa kata siswa kelas eksperimen sebesar 0,54 (sedang). 2) Ada perbedaan penguasaan kosa kata bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan 7.93 2.00 untuk dan untuk dengan df n-2=60, sehingga ditolak dan diterima.
Kata Kunci: media pembelajaran, kartu kamal, kosa kata.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mar’atus Solechah - Personal Name
|
Student ID |
2019040004
|
Dosen Pembimbing |
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |