Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENERAPAN MEDIA PERMAINAN BINGO BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KALIBEBER TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan media permainan bingo berbasis multimedia dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Ma‟arif Kalibeber; 2) Mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab menggunakan media permainan bingo berbasis multimedia pada siswa kelas IV MI Ma‟arif Kalibeber; 3) Mengetahui perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab yang menggunakan media permainan bingo berbasis multimedia dan siswa yang tidak menggunakan media permainan bingo berbasis multimedia pada siswa kelas IV MI Ma‟arif Kalibeber .
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan quasi experimental design dengan teknik non equivalent conthrol group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Ma‟arif Kalibeber yang berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan media permainan bingo berbasis multimedia, sedangkan pembelajaran di kelas kontrol tanpa menggunakan media. Setelah pembelajaran selesai dilakukanlah tes akhir berupa soal tertulis. Kemudian hasil tesnya dianalisis dan dibandingkan menggunakan uji gain dan uji t untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab diantara dua kelas tersebut. Selanjutnya, sumber data diperoleh menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian menggunakan uji gain dan uji t menunjukkan ada 2 tujuan bahwa terdapat peningkatan dan perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab, hasil uji gain kelas eksperimen sebesar 0,666 dan kelas kontrol sebesar 0,265 dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 6,881, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan dk = 30+30-2 = 58 dan taraf kesalahan 5% maka ttabel = 6,881. Dari hasil tersebut diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (6,881 > 2,00172). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Arab siswa menggunakan media permainan bingo berbasis multimedia lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media serta terdapat peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa yang menggunakan media permainan bingo berbasis multimedia.
Kata Kunci: Media, Permainan Bingo, Multimedia, Kosakata, Bahasa Arab
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lailatul Masruroh - Personal Name
|
Student ID |
2019040021
|
Dosen Pembimbing |
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : ., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |