PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH KELAS VII DI MTs MA’ARIF GONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH KELAS VII DI MTs MA’ARIF GONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan maharah qira‟ah setelah diterapkan metode hypnoteaching dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas VII di MTs Ma‟arif Gondang, dan (2) perbedaan maharah qira‟ah untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol pada peserta didik kelas VII di MTs Ma‟arif Gondang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental yang menggunakan metode hypnoteaching. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 60 siswa, yaitu kelas VII 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes, dengan instrumen soal pretest dan posttest. Kemudian hasil data diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji gain dan uji t untuk mengetahui peningkatan dan pendekatan maharah qira‟ah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diteliti.
Hasil penelitian ini adalah : pertama, ada peningkatan maharah qira‟ah setelah diterapkannya metode hypnoteaching pada kelas eksperimen sebesar 0,714 dengan kategori tinggi, lebih tinggi dari peningkatan di kelas kontrol sebesar 0,570 dengan kategori sedang; kedua, ada perbedaan maharah qira‟ah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung = 5,917 > ttabel = 2,001 dengan taraf signifikasi 5% (0,05). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: metode pembelajaran, hypnoteaching, maharah qira‟ah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ismiati Marfuah - Personal Name
Student ID
2019040050
Dosen Pembimbing
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Saefullah, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail