Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH KELAS VII DI MTs MA’ARIF GONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan maharah qira‟ah setelah diterapkan metode hypnoteaching dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas VII di MTs Ma‟arif Gondang, dan (2) perbedaan maharah qira‟ah untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol pada peserta didik kelas VII di MTs Ma‟arif Gondang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental yang menggunakan metode hypnoteaching. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 60 siswa, yaitu kelas VII 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes, dengan instrumen soal pretest dan posttest. Kemudian hasil data diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji gain dan uji t untuk mengetahui peningkatan dan pendekatan maharah qira‟ah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diteliti.
Hasil penelitian ini adalah : pertama, ada peningkatan maharah qira‟ah setelah diterapkannya metode hypnoteaching pada kelas eksperimen sebesar 0,714 dengan kategori tinggi, lebih tinggi dari peningkatan di kelas kontrol sebesar 0,570 dengan kategori sedang; kedua, ada perbedaan maharah qira‟ah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung = 5,917 > ttabel = 2,001 dengan taraf signifikasi 5% (0,05). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: metode pembelajaran, hypnoteaching, maharah qira‟ah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ismiati Marfuah - Personal Name
|
Student ID |
2019040050
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |