Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENERAPAN PERMAINAN KOTAK DAN KARTU MISTERIUS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHARAH KALAM DI MTS AL-GHOZALY SIWATU WONOSOBO
XML
Penelitian ini bertujuan umtuk: pertama, menerapkan model pembelajaran menggunakan permainan kotak dan kartu misterius untuk meningkatkan maharah kalam. Kedua, mengetahui perbedaan maharah kalam bahasa Arab antara yang menggunakan model pembelajaran permainan kotak dan kartu misterius dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran permainan kotak dan kartu misterius. Ketiga, untuk mengetahui peningkatan maharah kalam bahasa arab.
Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimen design dengan teknik nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs AlGhozaly Siwatu, dengan sampel siswa kelas VIII B dan VIII C yang berjumlah 52 siswa yang terbagi dua kelas. Instrumen yang digunakan meiputi observasi, wawancara, tes soal isian singkat dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan maharah kalam yang dibuktikan dengan hasil uji gain kelas eksperimen adalah 0,44. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 0,13. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kotak dan kartu misterius dapat meningkatkan maharah kalam pada tema mihnah. Ada perbedaan maharah kalam antara kelas eksperimen dan kontrol, hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel = 4,897 > 2,008 dengan taraf 5% dan thitung > ttabel = 4,897 > 2,677 dengan taraf 1%.
Adapun perbedaan maharah kalam antara kelas ekperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 67,88 pada kelas eksperimen dan 68,00 pada kelas kontrol. Sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen menjadi 82,04 kategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 72,1.
Kata kunci: Model pembelajaran, Permainan kotak dan kartu misterius, Maharah Kalam
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ismatul Barkah - Personal Name
|
Student ID |
2018040001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |