Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS 5 DI SD TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan metode Talking Stick untuk meningkatkan kosakata Bahasa Arab kelas 5 di SD Takhassus Al-Qur’an. 2) Mengetahui peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Arab setelah menggunakan metode Talking Stick bagi siswa kelas 5 di Takhassus Al-Qur’an. 3) Mengetahui perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab pada kelas 5 SD Takhassus Al-Qur’an Wonosobo antara yang menggunakan metode Talking Stick dan yang tidak menggunakan metode Talking Stick dalam pembelajaran bahasa Arab.
Skripsi ini menggunakan penilitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperiment design dengan teknik nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Takhassus AlQur’an berjumlah 36 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan metode talking stick, sedangkan pembelajaran di kelas kontrol tanpa menggunakan metode talking stick. Setelah pembelajaran selesai dilakukanlah tes akhir berupa soal tertulis. Kemudian hasil tesnya dianalisis dan dibandingkan menggunakan uji gain dan uji t untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab diantara dua kelas tersebut. Selanjutnya, sumber data diperoleh menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian menggunakan uji gain dan uji t menunjukkan 2 tujuan bahwa terdapat peningkatan dan perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab, hasil uji gain kelas eksperimen sebesar 0,537 dan kelas kontrol sebesar 0,2513 dan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,102. Selanjutnya thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan dk = 30+30-2 = 58. Dengan dk 58 dan taraf kesalahan 5% maka ttabel= 2,032. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel ( 3,102 > 2,032 ). Artinya nilai penguasaan kosakata bahasa Arab siswa yang menggunkan metode talking stick lebih baik di bandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode talking stick.
Kata Kunci: Metode, Talking Stick, Kosakata, Bahasa Arab
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fitria Nur Afifah - Personal Name
|
Student ID |
2019040018
|
Dosen Pembimbing |
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |