PENERAPAN METODE MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN INSYA’ KELAS XI BAHASA SMA TAKHASUS AL-QUR’AN TAHUN AJARAN 2022

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN METODE MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN INSYA’ KELAS XI BAHASA SMA TAKHASUS AL-QUR’AN TAHUN AJARAN 2022

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan metode Mnemonic untuk meningkatkan penguasaan Insya’ kelas XI Bahasa SMA Takhasus Al-Qur’an; 2) mengetahui peningkatan kemahiran Insya’ pada peserta didik setelah diterapkan metode Mnemonic; 3) mengetahui perbedaan kemahiran Insya’ antara kelas yang diterapkan metode Mnemonic dengan kelas yang diterapkan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lapangan dengan jenis eksperimen. Dimana, penulis mengambil sejumlah 52 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 26 siswa di kelas eksperimen dan 26 lainnya di kelas kontrol. Sebelum pembelajaran dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretest di kedua kelas. Setelah itu, dilaksanakan pembelajaran Insya’, dimana pada kelas eksperimen diterapkan metode Mnemonic, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran Insya’ dengan metode konvensional. Setelah pembelajaran, dilakukan postest pada kedua kelas. Selanjutnya, data pretest dan postest tersebut diolah untuk dicari tahu adakah peningkatan setelah menerapkan metode Mnemonic tersebut diterapkan (menggunakan uji N-Gain) dan adakah perbedaan hasil penilaian antara kelas eksperimen yang menerapkan metode Mnemonic dan kelas kontrol yang hanya menerapkan metode konvensional (menggunakan uji t-test). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) dalam pembelajaran Insya’ di SMA Takhasus Al-Qur’an menggunakan metode Mnemonic terdapat langkah-langkah yaitu, peserta didik diminta untuk menulis kalimat dari kata tertentu. Lalu siswa diminta untuk menyusun cerita berdasarkan gambar tertentu; 2) terdapat peningkatan penguasaan Insya’ pada peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,677 yang termasuk kedalam kategori sedang dan peningkatan sebesar 0,193 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah; 3) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan t 12,137 > t hitung tabel 2,008 untuk taraf signifikasi 5% dan t 12,137 > t hitung tabel 2,677 untuk taraf signifikasi 1%. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Metode Mnemonic, pembelajaran Insya’, Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fina Rakhmania Fatikhah - Personal Name
Student ID
2019040036
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail