• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • IMPLEMENTASI KITAB AL-MIFTӒḤ LIL ULŪM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWAID SANTRI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL-QINDILIYAH WONOSOBO IMPLEMENTASI KITAB AL-MIFTӒḤ LIL ULŪM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWAID SANTRI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL-QINDILIYAH WONOSOBO

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Bahasa Arab

    IMPLEMENTASI KITAB AL-MIFTӒḤ LIL ULŪM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWAID SANTRI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL-QINDILIYAH WONOSOBO

    XML

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan pembelajaran kitab AlMiftӓḥ Lil Ulūm untuk meningkatkan hasil belajar qawaid pada santri Pondok Pesantren Ulumul Qur‘an Al-Qindiliyah Wonosobo; 2) mengetahui peningkatan hasil belajar qawaid pada santri setelah diterapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm; 3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm dengan kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lapangan dengan jenis eksperimen. Dimana, penulis mengambil sejumlah 30 santri sebagai sampel yang terdiri dari 15 siswa di kelas eksperimen dan 15 lainnya di kelas kontrol. Sebelum pembelajaran dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretest di kedua kelas. Setelah itu, dilaksanakan pembelajaran dimana pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran, dilakukan postest pada kedua kelas. Selanjutnya, data pretest dan postest tersebut diolah untuk dicari tahu adakah peningkatan setelah menerapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm tersebut diterapkan (menggunakan uji N-Gain) dan adakah perbedaan hasil penilaian antara kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm dan kelas kontrol yang hanya menerapkan pembelajaran konvensional (menggunakan uji t-test). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) dalam pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm di Pondok Pesantren Ulumul Qur‘an Al-Qindiliyah Wonosobo terdapat langkah-langkah yaitu, peserta didik secara bersamaan melantunkan lagu-lagu nyanyian nadzam Al-Miftӓḥ yang berhubungan dengan materi yang disampaikan; 2) terdapat peningkatan hasil belajar qawaid pada santri kelas eksperimen sebesar 0,73 yang termasuk kedalam kategori tinggi dan peningkatan sebesar 0,27 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah; 3) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan t hitung 8,85 > t 2,048 untuk taraf signifikasi 5% dan t 8,85 > t tabel hitung tabel 2,763 untuk taraf signifikasi 1%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
    Kata Kunci: Implementasi, kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm, Qawaid


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Alfa Nurjannah - Personal Name
    Student ID
    2019040042
    Dosen Pembimbing
    Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
    Nur Farida, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Penguji 1
    Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
    Kode Prodi PDDIKTI
    88204
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Bahasa Arab
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail