Ari Nur Ngafifah
Pengarang
Dr. Abdul Majid, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Penguji 2
Drs. Noor Aziz, M.pd.
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan strategiTANDUR dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa dalam mata pelajaranAkidah Akhlak; 2) untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaranAkidah Akhlak dengan menggunakan strategi TANDUR; 3) untuk mengetahuitingkat prestasi siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakanstrategi TANDUR.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yangdilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru dan siswa kelas VIII A MTSMa’arif Kepil. Penelitian ini dilaksankan di MTS Ma’arif Kepil Wonosobo, tahunajaran semester genap 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, tes yang meliputi pre test dan post test, dan dokumentasi. Untuk teknikanalisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif dan kuantitatif, datakualitatif berisi pernyataan-pernyataan penjelasan yang diambil dari penelitianterhadap pembelajaran yang telah dilakukan, data kuantitatif berisi angka-angkayang diambil dari hasil evaluasi setelah pembelajaran pembelajaran diolah denganmetode deskriptif presentase.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaranTANDUR dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam matapelajaran Akidah Akhlak kelas VIII A MTS Ma’arif Kepil yakni, diterapkan denganmenggunakan dua siklus sesuai dengan metode penelitian yang digunakan yaknipenelitian tindakan kelas dan dengan langkah TANDUR; 2) Tingkat keaktifansiswa setelah penerapan strategi TANDUR mendapatkan hasil meningkat cukupbaik yakni meningkat sebesar 33,33% dan tutas melampaui indikator keberhasilan;3) Tingkat prestasi siswa setelah penerapan strategi TANDUR mendapatkan hasilmeningkat secara signifikan dari pra siklus sampai dengan siklus 2.
Kata kunci: TANDUR, Keaktifan, Prestasi Siswa, Akidah Akhlak