Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS BRAINSTORMING PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WATUMALANG
XML
Latar belakang dalam penelitian ini ada pada pembelajaran di kelas yang masih menggunakan pendekatan Teacher Centered Learning (CTL) yang berdampak pada kurangnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar fisika berbasis brainstorming yang dikembangkan pada materi termodinamika siswa kelas XI SMA/MA. (2) Untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap kepraktisan bahan ajar fisika berbasis brainstorming pada materi termodinamika kelas XI SMA/MA. (3) Untuk mengetahui peningkatan dari bahan ajar fisika berbasis brainstorming pada materi termodinamika kelas XI SMA/MA terhadap Keterampilan Proses Sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengembangan bahan ajar fisika berbasis brainstorming sangat layak diuji cobakan setelah dilakukan validasi para ahli, didapatkan rata-rata skor 94,5%. 2) hasil respon pendidik dan peserta didik menyatakan bahwa bahan ajar menarik dan layak digunakan dengan persentase pendidik 90,5% “sangat tertarik” dan peserta didik 85,6% “tertarik”. 3) terdapat peningkatan terhadap keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan bahan ajar fisika berbasis brainstorming. Terbukti dengan hasil perhitungan uji-t yaitu H0 ditolak dengan hasil nilai thitung = 7,574 > ttabel = 2,048 pada taraf signifikan 5% sehingga Ha diterima serta dengan hasil perhitungan uji N-Gain diperoleh skor sebesar 0,536 sehingga dinyatakan ada peningkatan terhadap keterampilan proses sains siswa dengan kategori sedang.
Kata kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Brainstorming, Keterampilan Proses Sains
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
sukowati - Personal Name
|
Student ID |
2019020052
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |