Anjar Kurnia Adiningsih
Pengarang
Maryono, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fuadi, M.Pd.I.
Dosen Pembimbing 2
Sri Jumini, S. Pd., M. Pd.
Penguji 2
Dr. H. Ngarifin Shidiq., M.Pd.I
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui implementasi metode tahsinbinnadhor dalam pembelajaran Al-Qur’an santri putri di Pondok PesantrenTahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo. (2) untuimengetahui karakteristik implementasi metode tahsin binnadhor dalampembelajaran Al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyahKalibeber Mojotengah Wonosobo. (3) untuk mengetahui factorpendukung dan penghambat implementasi mentode tahsin binnadhor dalampembelajaran Al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyahKalibeberMojotengahWonosobo.Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi kualitatif. Teknikpengumpulan datanya menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama penelitian ini adalah santri baru Blok F Putri PPTQ Al-Asy’ariyyahyang berjumlah 24 orang santri program reguler. Teknik analisis datamenggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode tahsinbinnadhor dalam pembeljaran Al-Qur’an, santri maju satu persatu secarabergantian disimak oleh ustdazah jika ada yang salah akan dibetulkan.Karaketristik implementasi metode tahsin binnahor dalam pembelajaran AlQur’an,santri yang sudah lancar, fasih, baik serta benar bacaan Al-Qur’annyaakan direkomendasikan ngaji ke Dzuriyah PPTQ Al-Asy’ariyyah. Faktorpendukung implementasi metode tahsin binnadhor dalam pembelajaran Al-Qur’anustadzah mempunyai syahadah juz ‘ama dan bin nadzri, tersedianya sarana danprasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnyamotivasi pada diri santri, waktu yang terlalu singkat.
Kata kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, metode Tahsin Binnadhor