Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran POGIL terintegrasi kearifan lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran POGIL terintegrasi kearifan lokal. Skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan ialah Quasi Eksperimen Design. Penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control group design. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis uji pendahuluan normalitas dan homogenitas kemudian uji lanjut menggunakan uji t dan uji N gain dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah: 1) Hasil uji lanjut yang pertama yaitu uji t independent diperoleh harga signifikansi sebesar 0,036 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL terintegrasi kearifan lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. 2) Uji Lanjut yang kedua menggunakan uji N-Gain diperoleh hasil kelas eksperimen nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen (model POGIL) sesudah dan sebelum diberi perlakuan adalah sebesar 57,380 atau 57,4% dan memiliki nilai kriteria N gain 0,4970 termasuk dalam kriteria sedang dan berkategori cukup efektif.
Kata kunci: POGIL, kearifan lokal, keterampilan berpikir kritis
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Zumrotul Izza - Personal Name
|
Student ID |
2019020003
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |