Ervin Yulistiana
Pengarang
M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA.
Dosen Pembimbing 2
Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Achmad Affandi, S.E., M.M.
Penguji 1
Meftahudin, S.E., M.M.
Penguji 2
Perpindahan merek (brand switching) adalah perpindahan merek yang dilakukan konsumen dengan membeli produk kategori yang sama namun dengan merek yang berbeda. Faktor yang mempengaruhi perpindahan merek dalam penelitian ini yaitu Dissatisfaction with technical quality, Dissatisfaction with information quality,dissatisfaction with community support dan Dissatisfaction with post commsumption.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah faktor-faktor tersebut berpengaruh positif terhadap brand switching atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda.Menggunakan sampel
sebanyak 109 responden dan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dissatisfaction with technical quality berpengaruh positif terhadap brand switching, hasil dari analisis data diperoleh nilai t hitung 2,073 > t table 1,983 dengan tingkat signifikansi 0.041 lebih kecil dari alpha 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dissatisfaction with information quality berpengaruh positif terhadap brand switching, hasil dari analisis data diperoleh nilai t hitung variable 1,988> t table1,983 dengan tingkat signifikansi 0.049 lebih kecil dari alpha 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dissatisfaction with community support secara berpengaruh positif, hasil dari analisis data diperoleh nilai t hitung 2,206> t table 1,983. Dengan tingkat signifikansi 0.030 lebih kecil dari alpha 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.Dissatisfaction with post commsumption secara individu mempunyai pengaruh positif terhadap brand switching, hasil dari analisis data diperoleh nilai t hitung 2,006> t table 1,983 dengan tingkat signifikansi 0.047 lebih kecil dari alpha 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.