Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN MODEL JIGSAW BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII MTS TANBIHUL GHOFILIN BAWANG, BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan literasi sains antara menggunakan model pembelajaran Jigsaw bervisi SETS pada pelajaran IPA siswa kelas VII MTs Tanbihul Ghofilin Bawang. 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan literasi sains pelajaran IPA siswa kelas VII MTs Tanbihul Ghofilin Bawang dengan model pembelajaran jigsaw bervisi SETS. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Sampel yang diambil adalah kelas VII G yang berjumlah 26 siswa dan VII H yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas VII MTs Tanbihul Ghofiliin antara menggunakan model pembelajaran jigsaw bervisi SETS dengan model konvensional. 2) adapun peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas VII dapat diperoleh nilai ratarata pretest kelas eksperimen 6,762 dan posttest 8,055. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pretest 6,715 dan posttest 7,076.
Kata Kunci: Model jigsaw, bervisi SETS dan kemampuan literasi sains.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Vivi Irviani - Personal Name
|
Student ID |
2019020054
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |