Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS Vll MTs MA’ARIF BAKALAN KALIKAJAR WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Latar belakang dalam penelitian ini ada pada pembelajaran IPA di kelas VII MTs Ma’arif Bakalan yang masih menggunakan pendekatan Teacher Centered Learning (TCL) yang berdampak pada kurangnya kemandirian dan hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model PBL dalam pembelajaran IPA siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakalan. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang menggunakan model PBL dengan kelas yang tidak menggunakan model PBL pada siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakalan. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya model PBL pada siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan quasi eksperimental dan desain non equivalent control group. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang menggunakan model PBL dan kelas yang tidak menggunakan model PBL. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t yaitu Ho ditolak yang ditunjukkan dengan perolehan thitung = 4,69 > ttabel = 2,02 dengan taraf signifikan 5% dan thitung = 4,69 > ttabel = 2,71 dengan taraf signifikan 1% sehingga Ha diterima. 2) Berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menggunakan uji N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,57 dan pada kelas kontrol diperoleh N-Gain sebesar 0,23. Hasil tersebut berdasarkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebelum penelitian sebesar 53,2 dan setelah dilakukan penelitian mengalami peningkatan menjadi 80,2. Pada kelas kontrol rata-rata nilai sebelum penelitian sebesar 53 dan setelah penelitian menjadi 64. Dengan ini telah terbukti adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model PBL dengan kategori sedang pada siswa kelas VII A MTs Ma’arif Bakalan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Ma’arif Bakalan tahun pelajaran 2022/2023.
Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Uswatun Khasanah - Personal Name
|
Student ID |
2019020053
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |