• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL MUBAROK KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL MUBAROK KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Fisika

    MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL MUBAROK KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA

    XML

    Kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa di tingkat SMP tergolong masih rendah. Sedangkan kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada pembelajaran fisika. 2) Untuk mengetahui model pembelajaran CORE efektif dalam meningkatkan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa dalam materi fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Islam Al Mubarok Banjarnegara, dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain true eksperimen dengan teknik nonequivalent control group design, dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing diberi pre test dan post test dengan perlakuan yang berbeda. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes, dan angket. Dan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa teknik analisis data yaitu: analisis pendahuluan, uji hipotesis serta uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan H0 ditolak dan Ha diterima, hasil ditunjukkan dengan perolehan t hitung sebesar 14,21 lebih besar darpada t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,024. 2) Adanya perbedaan keterampilan kolaborasi siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dibuktikan dengan perolehan t hitung sebesar 5,874 lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,024 di dapatkan hasil thitung > ttabel yaitu 5,874 > 2,024. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. 3) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran menggunakan model CORE. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 65,7% atau 0,65 dan kelas kontrol dengan uji gain sebesar 29,3% atau 0,29. Dengan demikian model pembelajaran CORE cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
    Kata Kunci: Model CORE, berpikir kreatif, dan keterampilan kolaborasi


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Toyib Mahfud - Personal Name
    Student ID
    2019020006
    Dosen Pembimbing
    Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Drs. H. Ali Imron, M. Ag. - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    84203
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Fisika
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail