Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI BUDAYA PERTANIAN BATUR UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA N 1 KARANGKOBAR TAHUN 2023
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Menguji kevalidan bahan ajar pembelajaran fisika SMA berbasis kontekstual terintegrasi budaya pertanian Batur. 2) Menguji kepraktisan bahan ajar pembelajaran fisika SMA berbasis kontekstual terintegrasi budaya pertanian Batur. 3) Menguji apakah bahan ajar pembelajaran fisika SMA berbasis kontekstual terintegrasi budaya pertanian Batur dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, develop, implementasi, dan evaluate). Teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket, tes, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder (buku yang berkaitan dengan materi fluida dinamis, buku penelitian, artikel, situs internet, dan penelitian terdahulu). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, instrumen angket validitas modul, instrumen angket praktikalitas, dan instrumen angket efektivitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, analisis normalitas, analisis homogenitas, analisis uji t, dan analisis uji N-Gain untuk menguji keefektifan produk dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi budaya pertanian Batur pada materi fluida dinamis, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi Budaya pertanian Batur valid untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan hasil skor persentase validitas modul 90,1% yang termasuk ke dalam kategori sangat valid; 2) modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi budaya pertanian batur praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan hasil skor persentase praktikalitas modul sebesar 81,6% yang masuk kedalam kategori sangat valid, dan 3) modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi budaya pertanian batur efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dianalisis menggunakan uji t dan uji N-Gain dan menghasilkan adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan modul yang dikembangkan. Kemudian dari tinjauan persentase rata-rata nilai postest dan pretest yang menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, dari yang sebelumnya 61% menjadi 79%.
Kata kunci: Modul berbasis Kontekstual, Budaya Pertanian Batur, Keterampilan Berpikir Kritis.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Tesya Rosyana - Personal Name
|
Student ID |
2019020024
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |