Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI AYAT AL QUR’AN
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul yang digunakan pada pembelajaran IPA berbasis PBL yang diintegrasikan dangan ayat al-Qur’an dan untuk mengembangkan produk pembelajaran yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk siswa di era saat ini yang sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan RnD dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari 4 langkah yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen pada penelitian ini yang digunakan berupa lembar validasi, lembar angket, tes, dan lembar observasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini berupa uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji N-Gain . Pengembangan modul pembelajaran IPA terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an didasarkan sebagai media alternatif untuk mengenalkan kebesaran Allah SWT yang tertuang dalam ayat-ayat Al-Qur’an khususnya yang menyebutkan tentang fisika. Hasil validitas mendapat skor berturut-turut dengan rata-rata dari ahli media4,53 dan ahli materi 4,75 sehingga termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan modul ini berdasarkan pada uji kepraktisan oleh pengguna (peserta didik) mendapatkan skor rata-rata 4,75 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan nilai prestest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis uji t menghasilkan t hitung sebesar -0,314, dan nilai t tabel 1,677dengan nilai t hitung
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sri Rahayu Savitri - Personal Name
|
Student ID |
2019020025
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |