Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) menguji validitas media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains; 2) menguji kepraktisan media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains; 3) menguji keefektifan media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosainsuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder (buku yang berkaitan dengan materi fluida dinamis, buku penelitian, artikel, situs internet, dan penelitian terdahulu). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, instrumen angket validitas modul, instrumen angket praktikalitas, dan instrumen angket efektivitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis uji t dan uji n-gain untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa:. 1) Media pembelajaran mendapat nilai dari ahli materi 88,6%, nilai dari ahli media 97%, sehingga diperoleh presentase keseluruhan 93% sehingga masuk dalam katerogi “sangat valid”; 2) media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains untuk hasil kepraktisan media pembelajaran ini mendapat nilai dari penguna 80%, sehingga dapat dikatakan “praktis”; 3) media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan uji t dan menghasilkan adanya perbedaan hasil belahar siswa anatara sebelum dan sesudah meggunakan media pembelajaran uji t menghasilkan t hitung sebesar -13,94 harga thitung adalah nilai mutlak, jadi tidak dilihat (+) atau (-)nya sehingga dapat dikatakan terdapat peningkatan hasil belajar dan berdasarkan uji n-gain didapatkan klasifikasi n-gain sebesar 0,716 berkategori “tinggi”.
Kata Kunci : media, quizizz, etnosains, fisika, hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sita Dewi - Personal Name
|
Student ID |
2019020018
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |