Prodi Pendidikan Agama Islam
STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR'AN DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN SISWA MTs N 2 BANJARNEGARA
XML
Pendidikan merupakan transformasi ilmu pengetahuan, budaya, dan nilai-nilai yang berkembang pada suatu generasi supaya dapat ditransformasikan kegenerasi selanjutnya. Proses Pendidikan terjadi pengajaran di sebuah LembagaPendidikan formal, non formal maupun informal. Pendidikan sendiri bertujuantidak hanya mengembangkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, akan tetapijuga membentuk akhlak. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi menghafal,kemampuan menghafal Al Qur‟an bagi siswa, faktor pendukung serta faktorpenghambat menghafal Al Qur‟an pada siswa dalam Program Tahfidzul Qur‟an diMTs N 2 Banjarnegara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitiankualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan datanya penulismenggunakan metode trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang penulis lakukan di MTs N2 Banjarnegara, Pelaksanaan program tahfidzul qur‟an di MTs N 2 Banjarnegarasudah tertata secara waktu, metode dan sistem yang digunakan. Program tahfdiz Qur‟an yang dilaksanakan di MTs N 2 Banjarnegara berpengaruh besar terhadapproses belajar dan hasil belajar siswa. Terdapat banyak faktor pendukung danpenghambat yang mempengaruhi berjalannya program tahfidzul Qur‟an. Untukfaktor pendukung sendiri terdapat 2 aspek, yakni sarana dan prasarana, sertamotivasi yang diberikan kepada siswa. Dan untuk faktor penghambat padapelaksanaan program tahfidz ini juga meliputi tiga aspek, yakni kurangnyasumber daya manusia, kemampuan siswa yang berbeda, dan kurangnya waktu pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi menghafal, Program Tahfidz, Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Amie Sofiana - Personal Name
|
Student ID |
2019010486
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |