• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INOVATIF (STUDI KOMPARASI SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH KEAGAMAAN) PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INOVATIF (STUDI KOMPARASI SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH KEAGAMAAN)

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Fisika

    PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INOVATIF (STUDI KOMPARASI SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH KEAGAMAAN)

    XML

    Pembelajaran IPA sangat memerlukan kemampuan yang melibatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, inovatif, dan logis untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan tersebut juga menjadi tujuan dari kurikulum 2013 dalam mempersiapkan warga negara yang memiliki kompetensi yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Seiring perkembangan era globalisasi, pembelajaran IPA dengan kurikulum 2013 tentunya penting untuk mengupayakan kompetensi belajar yang dapat menyelesaikan permasalahan dengan mewujudkan ide kreatif dalam suatu hal baru dan mendorong siswa produktif di masa yang akan datang, sehingga keterampilan berpikir inovatif menjadi salah satu solusinya. Keterampilan berpikir inovatif dapat diupayakan oleh guru dalam pemilihan model pembelajaran yang digunakan seperti model Project Based Learning (PjBL). Namun, pendidikan di Indonesia dikotomik antara sekolah umum dan sekolah keagaman. Tujuan dalam penelitian ini mengkomparasikan antara sekolah umum yaitu SMP N 1 Kejajar dengan sekolah keagamaan yaitu MTs Al Ghozaly dalam peningkatan keterampilan berpikir inovatif dengan menerapkan model PjBL dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pelaksaan penelitian menggunakan rancangan True Eksperimental Design jenis pretest posttest with control group design. Hasil uji hipotesis dengan t-test didapatkan thitung>ttabel (2,219>2,015) maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir inovatif dari sampel yang diambil dari kedua sekolah. Peningkatan hasil pretest dan posttest dilakukan denga uji N-gain dengan hasil sampel kelas VIII C MTs Al Ghozaly didapatkan 0,72 maka tergolong tinggi dan sampel kelas VIII A SMP N 1 Kejajar didapatkan 0,29 maka tergolong rendah.
    Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Keterampilan Berpikir Inovatif, Model PjBL.


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Rum Ifadatul A'la - Personal Name
    Student ID
    2019020029
    Dosen Pembimbing
    Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
    Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
    Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
    Kode Prodi PDDIKTI
    84203
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Fisika
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail