Prodi Pendidikan Fisika
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM DENGAN MEDIA PHET SIMULATION MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNSIQ TAHUN AJARAN 2022
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat pemahaman awal mahasiswa sebelum penerapan media simulasi PhET; 2)Mengetahui tingkat pemahaman akhir mahasiswa setelah penerapan media simulasi PhET; 3) Mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran melalui praktikum dengan media PhET Simulation. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika UNSIQ. Sampel penelitian mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Fisika UNSIQ dengan materi koefisien gesek statis. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa soal tes essay sebanyak 9 soal. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan kemampuan awal dan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dengan uji t dua pihak dan uji lanjut menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Tingkat pemahaman awal mahasiswa masih dalam kategori rendah yaitu dengan rata-rata 68,54; 2)Tingkat pemahaman akhir mahasiswa meningkat yaitu dengan rata-rata 75,21; 3) Peningkatan pemahaman konsep berkategori rendah dengan n-gain sebesar 2,12 dan peningkatan sebesar 23,5%. Selain itu rata-rata tingkat pemahaman mahasiswa sebesar 29,15% berkategori rendah.sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media PhET Simulation dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa walaupun masih dalam kategori rendah.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, PhET Simulations, Praktikum.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rofita Indriyani - Personal Name
|
Student ID |
2017020005
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |