Rofita Indriyani
Pengarang
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd
Dosen Pembimbing 2
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Firdaus, M.Pd
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat pemahaman awal mahasiswa sebelum penerapan media simulasi PhET; 2)Mengetahui tingkat pemahaman akhir mahasiswa setelah penerapan media simulasi PhET; 3) Mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran melalui praktikum dengan media PhET Simulation. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika UNSIQ. Sampel penelitian mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Fisika UNSIQ dengan materi koefisien gesek statis. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa soal tes essay sebanyak 9 soal. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan kemampuan awal dan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dengan uji t dua pihak dan uji lanjut menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Tingkat pemahaman awal mahasiswa masih dalam kategori rendah yaitu dengan rata-rata 68,54; 2)Tingkat pemahaman akhir mahasiswa meningkat yaitu dengan rata-rata 75,21; 3) Peningkatan pemahaman konsep berkategori rendah dengan n-gain sebesar 2,12 dan peningkatan sebesar 23,5%. Selain itu rata-rata tingkat pemahaman mahasiswa sebesar 29,15% berkategori rendah.sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media PhET Simulation dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa walaupun masih dalam kategori rendah.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, PhET Simulations, Praktikum.